Jogja Hip Hop Foundation Rapper Briliant Jogja

       Sekelompok anak muda penggemar hip-hop  otentik asal Jogja, bernama  Jogja Hip Hop Foundation tidak mengikuti berbagai rapper lainnya yang memakai lagu barat untuk liric lagunya, mereka sepakat untuk membuat liric mereka dengan bahasa Jawa.

      Grup Hip Hop yang berisi, Marzuki Mohammad chebolang/Kill The DJ ,   Anto Gantazz , Lukman hakim radjapati ,   Balance perdana , dan Mamox M2MX ini cukup banyk menerima pujian dari khalayak musik, hingga saat ini dikabarkan bahwa mereka baru tampil eksklusif di New York, AS. Penampilan Jogja Hip-Hop Foundation di ibukota rap dan hip-hop dunia ini guna memenuhi undangan Asia Society, sebuah LSM bergengsi yang bertujuan untuk mengedukasi dunia tentang Asia dan segala macam kebudayaannya. Asia Society ini selain di AS juga hadir di Hong Kong, Manila, Mumbai, Seoul dan Shanghai. 
       Jogja Hip Hop Foundation tampil di gedung Asia Society Center yang terletak di 725 Park Avenue, New York, AS. Selain manggung mereka juga akan memutar film dokumenter yang banyak menerima pujian, Hiphopdiningrat sekaligus menggelar kuliah umum mengenai gerakan hip hop Jawa yang mereka pelopori tersebut. 
       Penampilan perdana Jogja Hip-Hop Foundation di New York ini sebenarnya telah dua kali tertunda karena berbagai kendala teknis. Awalnya mereka dijadwalkan tampil Desember 2010 silam lalu diundur ke Januari 2011 dan akhirnya 14 Mei mendatang. 
       Sayangnya, kedatangan Java Hip Hop Foundation kali ini tidak dengan kekuatan penuh karena salah seorang anggota mereka, Lukman Hakim alias Radjapati urung berangkat karena tidak berhasil mendapatkan visa AS. Mereka sendiri nantinya akan diperkuat oleh seorang pesinden bernama Soimah Pancawati dan DJ Vanda. 
       Jogja Hip Hop Foundation merupakan kelompok hip hop yang telah terbentuk hampir satu dasawarsa yang lalu dengan bersenjatakan lirik rap berbahasa Jawa serta rhythm tradisional Jawa. Gerakan ini  digagas oleh Marzuki Mohammad alias Kill The DJ yang bersama kawan-kawannya telah mengibarkan bendera hip hop Jawa ini ke berbagai negara di dunia. "Kami tidak pernah punya tendensi kontemporer, Java Hip Hop adalah kejujuran, selamanya akan seperti itu. 
       Tapi jika apa yang kami kerjakan dianggap seni, itu hak mereka," jelas Kill the DJ. Dua video klip Jogja Hip-Hop Foundation yang sempat dibicarakan orang banyak dan menjadi favorit adalah, "Cicak Nguntal Boyo" yang dengan jenaka menjadi media protes sosial tentang kasus KPK versus Polri beberapa waktu lalu. Sementara video "Jogja Istimewa" menjadi single pertama dari album kompilasi berjudul sama yang kebetulan rilis hampir berbarengan dengan kontroversi monarki melawan demokrasi antara Presiden Yudhoyono dengan Sri Sultan HB X beberapa waktu lalu.

0 komen:

Loading

Popular Posts

About Me

Foto Saya
ANGRY JACK
sleman, yogyakarta, Indonesia
tiyang ingkang radi edan. rasah maen-maen karo wong edan, mundhak kedana. ckckckckck. facebook : http://www.facebook.com/emceben
Lihat profil lengkapku

Pge Views

Facebook Fans Page


ShoutMix chat widget

cn. bl.

Diberdayakan oleh Blogger.

Web Informer Button